10 Inspirasi Baju Batik Wanita Terbaru yang Kece Abis

10 Inspirasi Baju Batik Wanita Terbaru yang Kece Abis

Posted on

Siapa bilang jika batik hanya digunakan oleh orang kuno? Kini batik dimodifikasi sehingga bisa menjadi item di industri fashion yang kece dan keren. Modifikasi tersebut menjadikan batik tak hanya cocok untuk acara formal, tapi juga acara yang santai. Berikut ini adalah inspirasi item batik terbaru yang cocok untuk para wanita.

10 Inspirasi Baju Batik Wanita

Two Tone Outer

Penampilan kamu bisa tampil menarik maksimal dengan outer two-tone. Outer terdiri dari dua bagian yang warnanya berbeda, satu polos dan satunya lagi bermotif batik. Kedua sisi disatukan dengan sebuah tali bermotif yang dapat dibentuk seperti pita. Bagian dalamnya, kamu bisa menggunakan atasan seperti blouse dengan warna hitam maupun putih.

Kesan yang ditampilkan jika kamu memakai outer batik adalah kasual, sehingga baiknya digunakan untuk acara yang sifatnya semi-formal. Gunakan motif batik dengan ukuran yang besar seperti motif parang. Pilih outer dengan warna yang menarik seperti hitam, biru dongker atau cokelat. Jadi kamu bisa memadukannya dengan celana berwarna apa saja.

Rompi Tanpa Lengan

Buat kamu yang hobi mengenakan jumpsuit, kamu bisa memadukannya dengan rompi bermotif batik tanpa lengan. Rompi akan memberikan warna pada penampilanmu sehingga tidak monoton. Jika jumpsuit yang kamu gunakan berwarna hitam, rompinya bisa berwarna cerah seperti putih, coklat, hingga jingga. Pilih motif yang sederhana dengan pola campuran besar dan kecil.

Meski begitu, rompi ini tidak cocok digunakan untuk acara yang formal. Tetapi kamu bisa mengenakannya di acara yang sifatnya santai seperti pesta pernikahan rekan atau hanya sebatas hangout. Gaya outer ini cocok untuk kamu yang ingin tampil tetap kasual namun bernuansa tradisional. Cari warna dan motif outer yang sesuai dengan gaya berpakaianmu.

Cardigan Batik

Kalau kamu bosan dengan pakaian batik yang biasa, kamu bisa mencoba gaya cardigan. Di pasaran sudah banyak batik yang dijadikan cardigan sehingga cocok untuk di acara yang sifatnya formal sekalipun. Tak hanya ragam motif, warna-warnanya pun bagus. Mulai dari batik tulis hingga printing, model cardigan tetap memberikan kesan santai dan sopan.

Sebagian cardigan batik yang dijual umumnya berlengan panjang atau setengah lengan. Untuk kamu yang seorang hijaber, cardigan bisa menjadi solusi dari gaya berpakaianmu. Umumnya cardigan tidak memiliki kancing sehingga bagian tengahnya terbuka. Kancing sebagai hiasan biasanya ada di bagian teratas untuk menyatukan dua sisi kerah cardigan.

Kimono Batik

Pakaian ala negeri sakura ini banyak diadaptasi dengan menggunakan motif batik. Bagian kerah belakangnya bisa menutupi leher, namun memanjang untuk masing-masing sisi kancing. Kimono dapat berkancing maupun tidak. Bagian yang menjadi ciri khasnya adalah lengan yang berukuran besar sehingga penggunanya bisa lebih fleksibel.

Karena bentuknya yang longgar, kimono batik bisa menyembunyikan ukuran tubuh aslimu. Bagi kamu yang tetap ingin tampil langsing, sebaiknya pilih kimono yang terdapat tali di bagian bawah dada. Tali dapat berfungsi untuk membuat kimono tampil lebih slim. Jenis kimono dapat kamu gunakan di beragam acara baik formal maupun semi formal seperti kondangan atau meeting.

Dress Batik

Biasanya wanita menyukai pakaian berbentuk dress. Dress dengan motif batik sangat lazim dan banyak digunakan untuk berbagai kesempatan. Kamu bisa memilih dress berlengan pendek dan menutupi lutut. Selain dominasi motif yang beragam, bagian bawah dress dapat dihias dengan menggunakan ruffle polos. Kamu akan tampil girly dengan dress seperti ini.

Batik Kasual

Batik tak hanya digunakan untuk tampil di formal saja. Kamu tetap bisa menampilkan kesan kasual dengan menggunakan batik. Pilihlah blouse dengan warna favoritmu yang menggunakan aksen di beberapa bagiannya. Biasanya aksen batik ada pada lengan, kerah, dan pita di bagian samping. Selain girly, batik jenis ini cocok untuk acara santai atau saat kamu hang out bersama teman-teman.

Blouse Batik

Blouse menjadi item fashion yang banyak digunakan untuk wanita. Kamu bisa memilih blouse dengan motif batik mulai dari parang, kawung dan flora. Umumnya batik blouse memiliki lengan lebih pendek dengan tali serut. Bagian bawah dada juga biasanya terdapat tali serut untuk membentuk lekuk badan sehingga tidak terlalu longgar.

Tunik Batik

Untuk kamu yang berhijab, style yang satu ini cocok untuk kamu. Tunik memiliki panjang hingga selutut mirip seperti sebuah dress. Kamu hanya perlu mengenakan tambahan celana untuk menutupi kaki. Tunik batik biasanya memiliki ragam motif yang berbeda dalam satu pakaian. Misalnya motif parang ada di bagian atas dan bagian bawahnya bermotif flora.

Kaftan Batik

Bosan dengan kaftan yang bermotif klasik? Kamu bisa mencoba kaftan dengan motif full batik. Biasanya kaftan bermotif batik ini memiliki warna yang cerah dan pastel. Bagian pinggir kaftan ditambah dengan brokat sehingga tampilannya lebih elegan. Kamu bisa mencoba motif bunga atau kawung yang sederhana tetapi berkelas.

Setelan Batik

Setelan bermotif batik cocok untuk kamu yang anti ribet. Dengan begitu kamu tak perlu memikirkan paduan bawahannya. Kamu bisa mencoba atasan dengan model blouse berlengan pendek. Sementara bagian bawahnya berupa kain jarik yang dibuat menjadi celana semi rok. Setelan ini cocok untuk ke ragam acara, termasuk acara yang sifatnya formal.

Modifikasi batik terbaru bisa membuat tampilanmu keren maksimal lho. Berbagai model membuat batik kini tak lagi dipandang sebagai item yang klasik. Selama kamu bisa memadukannya dengan item fashion lainnya, batik tak akan ketinggalan zaman. Inspirasi di atas bisa jadi referensi agar kamu tampil keren. Jadi, yang mana item batik favoritmu?